ANAS HARUMKAN STBA SEBELAS APRIL SUMEDANG PADA EVENT KREATIF PEMILIHAN MOJANG JAJAKA TINGKAT KABUPATEN SUMEDANG DAN PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2019

STBA SAS SUMEDANG. Belum lama ini salah satu mahasiswa STBA Sebelas April Sumedang berhasil memenangkan kompetisi Event Kreatif Pemilihan Mojang Jajaka Kabupaten Sumedang 2019. Anas Muhajir mahasiswa semester II STBA Sebelas April Sumedang berhasil menyisihkan puluhan perserta lainnya yang berasal dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Sumedang. Kompetensi yang dinilai dapat dikatakan tidak mudah karena pada peserta harus mengikuti sejumlah tahapan test dan penyaringan dari tanggal 23 hingga 26 April 2019.

Pada hari pertama, peserta mengikuti sesi Focus Group Discussion yang meliputi materi etika dan jati diri Sunda, kompetensi bahasa Inggris, kewirausahaan dan ekonomi kreatif serta budaya pariwisata. Pada hari kedua, para peserta mengikuti sesi unjuk kabisa. Kemudian pada hari ketiga, para peserta mengikuti kegiatan kunjungan dengan tema industri pariwisata kreatif bertempat di Perusahaan Tahu Sari Bumi Sumedang.

Kunjungan: Para pesertaMengikuti sesi Kunjungan Industri Pariwisata Kreatif pada Kamis 25 April 2019 di Tahu Sari Bumi Sumedang.

Pada hari terakhir para peserta mengikuti acara Grand Final yang bertempat di Alun-Alun Kabupaten Sumedang. Dan setelah beberapa hari mengikuti berbagai tahapan saringan dan uji kompetensi yang cukup ketat, Alhamdulillah Anas Muhajir berhasil terpilih sebagai Jajaka Pinilih Kabupaten Sumedang tahun 2019 dan berhak mewakili Kabupaten Sumedang dalam Event Kreatif Pemilihan Mojang Jajaka di Tingkat Provinsi Jawa Barat. Beberapa poin kompetensi yang menghantarkan Anas menjadi juara adalah kemampuan bahasa Inggrisnya yang cukup baik juga kemampuan public speakingnya. Dua kemampuan itu sangat penting dan mutlak harus dimiliki oleh seorang jajaka.

Selanjutnya, Anas Muhajir pun melenggang dengan percaya diri mewakili kabupaten Sumedang pada Event Kreatif Pemilihan Mojang Jajaka Tingkat Provinsi Jawa Barat. Tahapan kompetisi di tingkat Provinsi Jawa Barat terdiri dari beberapa tahapan selama kurang lebih 2 bulan. Setelah pendaftaran, Anas harus mengikuti technical meeting dan tes kesehatan. Pada tahapan selanjutnya adalah tahapan outbound selama 3 hari di Pangandaran dimana pada tahapan ini daya tahan mental dan fisik cukup dipertaruhkan. Tahapan yang tidak kalah kompetitif adalah tahapan karantina selama kurang lebih lima hari dimana didalamnya selain sesi unjuk kabisa peserta juga melakukan banyak sesi korea dance yang cukup menguras energy namun tetap mengasyikkan. Setelah masa karantina selesai, tiba saatnya para peserta mengikuti sesi penilaian akhir pada acara Grand Final. Sayangnya Anas belum berhasil masuk 6 besar (peringkat ke-7 peserta terbaik) dan belum berhasil terpilih sebagai Jajaka Pinilih 2019. Namun demikian, Anas Muhajir tetap berkontribusi positif dalam membawa nama harum STBA Sebelas April Sumedang di Tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Anas setidaknya juga menunjukkan bahwa motivasi untuk berprestasi itu harus senantiasa dikobarkan oleh setiap mahasiswa tidak memandang dari kampus  manapun dia berasal. Semoga tahun yang akan datang STBA Sebelas April Sumedang dapat kembali berperan serta dalam kegiatan serupa dan dapat lebih berprestasi lagi. Satu hal terpenting dari nilai keikutsertaan ini bahwa event ini cukup memberikan makna hidup bagi Anas khususnya. Teman teman yang berprestasi, kenalan dari berbagai level sosial, jaringan kerja dan banyak hal positif lainnya dapat dengan mudah didapatkannya selama mengikuti event ini. (WAKA III)  

Mojang Jajaka Pinilih: Foto Anas Muhajir bersama mojang pinilih kabupaten Sumedang tahun 2019 ketika mewakili event kreatif pemilihan Mojang Jajaka Tingkat Provinsi Jawa Barat.